Friday, February 24, 2017

Cara Memulai Bisnis Tanpa Uang


Mendengar kata bisnis yang terlintas di kepala kita adalah modal dan setelah mendengar kata modal yang terlintas adalah uang, bener nggak? Bingung nyari modalnya dari mana padahal modal gak melulu pake uang, makanya ini aku ada "5 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal".

1. Bermodal Apa Yang Kita Miliki
Aku yakin pasti kamu punya seasuatu di rumah walaupun itu barang yang nggak jelas, iya kan? Misalnya kamu punya kolam sekamu ikannya juga, kalo nggak ada ikannya ya sama aja. Mungkin alasan kamu memelihara ikan itu hobi atau bahkan cuma iseng, tanpa kamu sadari itu kolam jadi penuh sama ikan. Mending dibuat bisnis kan? Misal 1 ikan untungnya 1000 terus sehari laku 50 ikan, kan lumayan sehari dapat 50.000. Dan ingat, perkembangbiakan ikan itu cepet banget. Ini cuma contoh ya, nggak harus pake ikan. haha.

2. Pembayaran di Muka
Ini biasanya kita kenal dengan sebutan "pre order". Kamu tinggal nunggu pesanan, kalo udah ada pesanan dan uang udah dibayar baru kita kerjain. Pre order yang lumayan banyak peminatnya sekarang ini pre order kaos. Pertama kamu membuat desain kaosnya, kalo udah jadi tinggal dipasarin ke konsumen. Nanti kalo udah ada konsumen yang pesan dan bayar baru kamu beli kaos polosnya, nanti nyablonnya bisa ke pihak ke 3 atau kalo bisa sendiri malah bagus.

3. Menjadi Perantara
Bisnis jenis ini juga lumayan banyak digemari apalagi di forum - forum jual beli. Belum tentu orang yang posting disitu ngejual barangnya sendiri bisa aja dia ngejualin barang milik neneknya, bapaknya, temannya dan lainnya. orang yang ngejualin itu nantinya bakalan dapat keuntungan beberapa persen dari penjualan barangnya. Hanya dengan modal informasi bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Kalo kamu mau jadi perentara sebelumnya harus tau dulu informasi barang yang mau dijualin, jangan nanti waktu ditanyain pembeli cuma bilang " maaf, untuk itu saya kurang tau. hehe". kan aneh jadinya. Jaman sekarang orang terlalu sibuk ngejual barangnya, paling enak ya nyuruh orang. Bayangin aja misalnya kamu ngejualin mobil orang laku 200jt terus kamu dikasih 5% dari penjualan, udah dapat 10jt kan.

4. Bermodal Uang Milik Orang Lain
Kali ini bisnisnya pake uang tapi bukan uang kita. Yang jelas orang lain itu orang yang udah deket sama kita, percaya sama kita. Bukan orang yang baru ketemu di jalan terus kamu minta uang sama dia, dikira ngemis nanti. Yang dibutuhin disini orang yang sudah deket sama kita karena kepercayaan sangat penting didalam bisnis ini. Kalo udah ada sahabat deket kan enak, nanti kalo kamu mau bisnis tinggal minjem uang ke dia nanti keuntungannya dibagi 2. Makanya itu kita harus banyak cari relasi, semakin banyak relasi kita peluang bisnis akan semakin banyak.

5. Bermodal Keahlian
Orang yang punya keahlian pasti banyak yang nyari, misalnya di sekolah ada anak yang pinter matematika waktu ujian pasti temen"nya mendadak ndeketin tuh anak. Seumpama kamu ahli dalam komputer, tinggal bikin servis komputer. Pasti bakalan banyak yang nyari, misal ada orang dminta laptopnya diservis dengan masalah sambungan LAN nggak bisa, dan setelah kamu cek ternyata cuma gara" firewallnya nyala. Bayangin, cuma matiin firewall aja bisa dapat uang. Bagi kamu mungkin hal sepele tapi bagi orang itu adalah hal yang luar biasa. Karena setiap orang punya keahlian masing".

Sebenernya bisnis itu gak seburuk yang kita bayangkan, tanpa uang pun bisa jalan. Cuma kita aja yang terlalu takut untuk memulai. Yang terpenting pantang menyerah dan tetap sabar.

Referensi :



11 RAHASIA MEMULAI BISNIS TANPA UANG

Sebenernya masih banyak,  ada 11 rahasia tapi kayaknya kebanyakan. Buku ini ditulis oleh Rektor  Universitas Amikom Yogyakarta yaitu Prof. Dr. M. Suyanto, M.M.

Unknown

Author & Editor

Biarkan cinta dan rindu yang menjeratku sebagai cambuku, supaya aku bisa segera bersamamu, untuk menjalani hidup kita. -Dayu Qurniawan

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.