Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
"Jualan Mainan dan Action Figur"
Disusun oleh
Nama : Dayu Qurniawan
Nim : 16.12.9473
Kelas : 16-S1SI-08
Jurusan : Sistem Informasi
2016/2017
Abstrak
Masa anak-anak adalah masa yang paling menyenangkan,
apalagi ketika sedang bermain. Mainan bisa merangsang pertumbuhan kecerdasan
dan kreativitas. Bahkan dalam masa pertumbuhannya, perkembangan psikomotorik
dapat dirangang dengan berbagai macam permainan.Dan pada saat ini banyak sekali
remaja yang memiliki hobi mengoleksi Action Figur dari beberapa tokoh animasi. Hal
ini mungkin di sebabkan terbawa kenikmatan masa kecil yang tak terlupakan,
sehingga menjadikan action figure sebagai koleksi sekaligus kenangan masa
kecil.
Konsumen
Konsumen
tetap usaha mainan anak adalah para orang tua yang memiliki anak kecil. Selain
untuk menyenangkan hati putra – putrinya, orang tua membelikan mainan anaknya
sebagai sarana pendidikan non formal bagi para anak.Oleh karena itu banyak
sekolah – sekolah yang juga sengaja membeli mainan anak sebagai sarana para
pendidik untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Sedangkan action figure di
targetkan untuk anak anak remaja dan dewasa atau pelaku kolektor figure.
Info Produk
Produk
mainan anak saat ini sangat bervariasi. Dari mulai mainan yang terbuat dari
plastik, kayu, hingga besi pun banyak beredar dipasaran dan diminati para
konsumen. Kemajuan teknologi pun juga mempengaruhi model mainan anak saat ini,
dulu mainan anak hanya bisa dijalankan secara manual dengan alat pemutar kini
mainan anak sudah berkembang dapat digerakan menggunakan remote control atau
menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dengan carger.
Harga
yang ditawarkan para produser mainan dan action figure pun juga beragam.
Disesuaikan dengan kualitas bahan, kecanggihan, serta bentuk mainan yang
semakin modern semakin mahal harganya. Biasanya mainan anak dipasarkan dengan
harga mulai Rp 5.000,00 hingga jutaan rupiah.
Pemasaran
Pemasaran
mainan anak dan action figure sudah
tidak terlalu sulit, karena sekarang sudah banyak toko mainan anak yang bertebaran
hampir disemua daerah. Selain melalui agen yang membuka toko mainan anak,
pemasaran juga dapat dilakukan melalui internet. Anda bisa menggunakan website,
blog atau situs jejaring social untuk mempromosikan produk mainan anak
tersebut.
Promosi
dengan memberikan potongan harga untuk pembelian grosir juga dapat Anda jadikan
sebagai daya tarik bagi para agen atau distributor untuk memasarkan produk
mainan Anda. Karena adanya agen atau distributor sangat membantu pemasaran
sebuah usaha.
Kunci sukses
Kunci
sukses usaha ini adalah Anda haruslah serius dan sediakan mainan yang
bervariasi serta Anda harus selalu update perkembangan mainan dan action figure
baru. Anda juga bisa menyediakan mainan yang bersifat edukatif.
Analisa Ekonomi
Modal
Awal
Etalase
Rak
lemari
Stok mainan
anak-anak
|
Rp 2.000.000,00
Rp 2.000.000,00
Rp
10.000.000,00
|
+
|
Jumlah
|
Rp 14.000.000,00
|
Asumsi
peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun.
Penyusutan
per bulan = (Rp 10.000.000,00 : 48) – Rp 1.000,00 = Rp 208.000,00
Biaya
operasional per bulan:
Sewa tempat
10jt/thn
Stok barang
dagang
Gaji pegawai 1
orang
Listrik &
telpon
Transportasi
Plastik pembungkus,
dll
Biaya
penyusutan
|
Rp 840.000,00
Rp 1.000.000,00
Rp
750.000,00
Rp
300.000,00
Rp
300.000,00
Rp
200.000,00
Rp 208.000,00
|
+
|
Jumlah
|
Rp 3.598.000,00
|
Omzet
per bulan:
Rp
180.000,00 x 30 hari
=
Rp 5.400.000,00
Laba
per bulan:
Rp
5.400.000,00 – Rp 3.598.000,00 =
Rp 1.802.000,00
Daftar Pustaka
http://kaskus.com
0 komentar:
Post a Comment