Friday, February 24, 2017

Karya Ilmiah Jualan Mainan dan Action Figur

Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis

"Jualan Mainan dan Action Figur"






Disusun oleh
Nama  : Dayu Qurniawan
Nim  : 16.12.9473
Kelas  : 16-S1SI-08
Jurusan  : Sistem Informasi


2016/2017



Abstrak
Masa anak-anak adalah masa yang paling menyenangkan, apalagi ketika sedang bermain. Mainan bisa merangsang pertumbuhan kecerdasan dan kreativitas. Bahkan dalam masa pertumbuhannya, perkembangan psikomotorik dapat dirangang dengan berbagai macam permainan.Dan pada saat ini banyak sekali remaja yang memiliki hobi mengoleksi Action Figur dari beberapa tokoh animasi. Hal ini mungkin di sebabkan terbawa kenikmatan masa kecil yang tak terlupakan, sehingga menjadikan action figure sebagai koleksi sekaligus kenangan masa kecil.


Konsumen
Konsumen tetap usaha mainan anak adalah para orang tua yang memiliki anak kecil. Selain untuk menyenangkan hati putra – putrinya, orang tua membelikan mainan anaknya sebagai sarana pendidikan non formal bagi para anak.Oleh karena itu banyak sekolah – sekolah yang juga sengaja membeli mainan anak sebagai sarana para pendidik untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Sedangkan action figure di targetkan untuk anak anak remaja dan dewasa atau pelaku kolektor figure.

Info Produk
Produk mainan anak saat ini sangat bervariasi. Dari mulai mainan yang terbuat dari plastik, kayu, hingga besi pun banyak beredar dipasaran dan diminati para konsumen. Kemajuan teknologi pun juga mempengaruhi model mainan anak saat ini, dulu mainan anak hanya bisa dijalankan secara manual dengan alat pemutar kini mainan anak sudah berkembang dapat digerakan menggunakan remote control atau menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dengan carger.
Harga yang ditawarkan para produser mainan dan action figure pun juga beragam. Disesuaikan dengan kualitas bahan, kecanggihan, serta bentuk mainan yang semakin modern semakin mahal harganya. Biasanya mainan anak dipasarkan dengan harga mulai Rp 5.000,00 hingga jutaan rupiah.

Pemasaran
Pemasaran mainan anak dan action figure  sudah tidak terlalu sulit, karena sekarang sudah banyak toko mainan anak yang bertebaran hampir disemua daerah. Selain melalui agen yang membuka toko mainan anak, pemasaran juga dapat dilakukan melalui internet. Anda bisa menggunakan website, blog atau situs jejaring social untuk mempromosikan produk mainan anak tersebut.
Promosi dengan memberikan potongan harga untuk pembelian grosir juga dapat Anda jadikan sebagai daya tarik bagi para agen atau distributor untuk memasarkan produk mainan Anda. Karena adanya agen atau distributor sangat membantu pemasaran sebuah usaha.

Kunci sukses
Kunci sukses usaha ini adalah Anda haruslah serius dan sediakan mainan yang bervariasi serta Anda harus selalu update perkembangan mainan dan action figure baru. Anda juga bisa menyediakan mainan yang bersifat edukatif.

Analisa Ekonomi


Modal Awal
Etalase                                     
Rak lemari                                 
Stok mainan anak-anak            
Rp     2.000.000,00   
Rp     2.000.000,00
Rp   10.000.000,00


+
Jumlah
Rp   14.000.000,00


Asumsi peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun.
Penyusutan per bulan = (Rp 10.000.000,00 : 48) – Rp 1.000,00 = Rp 208.000,00
Biaya operasional per bulan:

Sewa tempat   10jt/thn                      
Stok barang dagang                          
Gaji pegawai 1 orang                        
Listrik & telpon                            
Transportasi                                
Plastik pembungkus, dll                     
Biaya penyusutan                            
Rp     840.000,00
Rp  1.000.000,00
Rp     750.000,00
Rp     300.000,00
Rp     300.000,00
Rp     200.000,00
Rp     208.000,00






+
Jumlah
Rp  3.598.000,00

Omzet per bulan:
Rp 180.000,00 x 30 hari          =           Rp  5.400.000,00
Laba per bulan:
Rp 5.400.000,00 – Rp 3.598.000,00 =          Rp  1.802.000,00



Daftar Pustaka


http://kaskus.com



Unknown

Author & Editor

Biarkan cinta dan rindu yang menjeratku sebagai cambuku, supaya aku bisa segera bersamamu, untuk menjalani hidup kita. -Dayu Qurniawan

0 komentar:

Post a Comment

 
biz.